Minggu, 03 Maret 2013

Tugas Tokoh Idola


Tokoh Idola 
 
Sri Mulyani Indrawati


Sri Mulyani Indrawati lahir di Tanjung Karang (Bandar Lampung), lampung pada tanggal 26 Agustus 1962. Beliau adalah putri dari Pasangan Prof. Satmoko (alm) dan Prof.Dr. Retno Sriningsih Satmoko (alm).  Sri Mulyani adalah anak ke 7 dari 10 bersaudara. Hampir semua saudara Sri Mulyani bergelar Master dan Doktor. Memang untuk masalah profesi Bapak dan Ibu Satmoko menganjurkan putra-putrinya untuk  menjadi insinyur, dokter,  dan dosen.
Dahulu beliau bersekolah di SMAN 3 Semarang. Lalu beliau melanjutkan studinya ke Universitas Indonesia Jurusan Ekonomi dan lulus sebagai Sarjana Ekonomi pada tahun 1986. Karena prestasi beliau yang menonjol beliau mendapat beasiswa kuliah di dalam dan di luar negri. Sebagai contoh beliau mendapat beasiswa S-2 di Amerika Serikat, tepatnya di University of lllinois Urbana Champaign, U.S.A. dan lulus dengan 2 tahun berkuliah pada tahun 1990. Beliau lulus sebagai Master of Science of Policy Economics. Kemudian beliau melanjutkan S3 di University of lllinois Urbana Champaign, U.S.A.
Istri dari Tony Sumartono dan memiliki 3 buah hati tersebut, sebenarnya tidak ingin menjadi mentri tetapi ingin menjadi dosen. Awal karirnya di bidang pemerintahan dimulai pada tahun 2004. Pada tahun tersebut beliau diangkat oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi Kepala Badan Perencanaan PembangunanNasional/Mentri Negara Perencanaan Pembangunan menggantikan Kwik Kian Gie. Pada tahun 2008 diangkat oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi Mentri Koordinator Perekonomian Indonesia. Pada tahun 2005-2010 beliau diangkat menjadi Mentri Keuangan. Dan mulai Juni 2010-sekarang beliau menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia yang mengawasi 74 negara di Amerika Latin , Karibia Asia, Timur dan Pasifik, Afrika Utara dan Timur Tengah.
 A.    Prestasi-Prestasi
Banyak prestasi yang telah diraih oleh Sri Mulyani Indrawati, dari berbagai jabatan sampai penghargaan, namun kali ini saya akan menyebutkan beberapa saja. Prestasi-prestasi Sri Mulyani antara lain :
1.         Menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia yang merupakan orang nomer 2 di Bank Dunia juga mengawasi kurang lebih 74 negara di dunia. Jabatan tersebut dimulai dari Juni 2010.
2.         Menjabat sebagai Mentri Keuangan terbaik di Asia
3.         Menjadi Wanita Paling Berpengaruh ke 2 di Indonesia
4.         Menjadi Wanita Paling berpengaruh ke 23 di dunia.
5.         Karena prestasinya yang menonjol beliau dapat mendapat beasisw ke Amerika yaitu S2 dan S3 di University of lllinois Urbana Champaign, U.S.A.

B.     Alasan  

Alasan saya memilih Sri Mulyani Indrawati sebagai idola saya karena saya ingin seperti beliau yang karena semangatnya, ketekunannya, dan kedisiplinannya dia dapat mengharumkan nama Bangsa Indonesia hingga di dunia internasional. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, beliau telah dapat dipercaya sebagai orang nomor 2 di Bank Dunia. Dan saya ingin menjadi seperti beliau ingin mengharumkan nama Bangsa dan ingin membanggakan orang tua. 

0 komentar:

Posting Komentar