Minggu, 03 Maret 2013

Pidato: Pahlawan Masa Kini

Assalamualaikum wr. Wb.
Yang saya hormati Kepala SMPN 1 Magelang
Yang saya hormati guru dan staf karyawan SMP N 1
Dan teman-teman semua yang saya sayangi
       Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat, taufik, dan hidayah-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini dlm keadaan sehat tanpa ada kekurangan suatu apapun. Pada pidato ini, saya akan menyampaikan pidato bertemakan Pahlawan Masa Kini.

Hadirin yang berbahagia
       Pahlawan adalah seseorang yang rela mengorbankan harta bahkan jiwanya untuk membela tanah air. Pahlawan pendahulu kita, bersedia memikul senjata dan pergi ke medan perang, yang sekaligus meninggalkan keluarganya di rumah hanya untuk satu tujuan, yaitu Kemerdekaan Indonesia. Ada pepatah yang mengatakan “Negara yang besar adalah negara yang dapa menghargsi jasa para pahlawannya”. Hendaknya kita dapat menghargai jasa para pahlawan kita minimal dengan melanjtukan perjuangan mereka di masa kini

Hadirin yang berbahagia
       Cara yang dapat kita tempuh untuk melanjutkan perjuangan pahlawan di masa kini adalah dengan berprestasi dan berkarya. Pahlawan zaman sekarang tidak lagi harus berurusan dengan senjata dan peperangan. Pahlawan masa kini adalah orang yang mampu memberikan sumbangsih kepada bangsa dan Negara sesuai dengan kemampuan masing-masing. semua profesi yang dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat dianggap sebagai pahlawan. Kita ambil contoh musisi, seorang musisi yang mampu mencipatakan lagu yang menginspirasi orang lain adalah pahlawan dalam bidannya.
Di Amerika Serikat Steve Jons pendiri Apple, dianggap sebagai pahlawan masa kini bagi bangsanya karena tidak hanya memberikan kebanggaan kepada bangsanya, tetapi juga member inspirasi bagi bangsa tersebut. Bagai mana dengan Indonesia? Sebenarnya memiliki orang-orang seperti itu, namun jumlahnya masih minim. Diantara pahlawan Indonesi masa kini adalah Para atelet, mereka membawa nama harum bangsa indonesia di kancah internasional, seperti halnya Susisusanti yang mengharumkan nama bangsa dari permainan bulutangkis yang dilakoninya. Selain itu, sebenarnya di daerah-daerah Indonesia ada pahlawan-pahlawan masa kini yang tidak terlalu terekspose layaknya seorang atlet, namun memberikan sumbangsih besar bagi masyarakat sekitar. Tri Mumpuni dan Hasadin juaini merupakan contohnya mereka menjadi pahlawan sesuai kemampuan masing-masing. Tri Mumpuni membuat sebuah pembangkit listrik mikrohidrio untuk daerah pedesaansekitar tempat tinggalnya sehingga desa-desa yang mendapat listrik dari pembangkit listrik tersebut mampu menikmati terangnya lampu saat malam hari. Sedangkan Hsadin juani menerangi masayarakat di sekitarnya (Lombok barat) melalui pendidikan dari pesantren yang didirikannya.

Hadirin yang berbahagia,
Janganlah kita berpikir tentang apa saja yang dapat diberikan oleh negara kepada kita, tetapi berpikirlah tentang apa yang dapat kita lakukan untuk Negara.
Jadi saya menghimbau kepada semua yang ada disini, marilah kita kembangkan kemampuan kita masing-masing sesuai profesi yang kita jalani, dahulukan kepentingan bersama dari pada kepentingan pribadi sehingga kita bisa menjadi pahlawan masakini yang sebenarnya agar kita semuja dapat meneruskan perjuangan pahlawan terdahulu, membangun Indonesia menjadi lebih baik dari sekarang serta mengharumkan nama bangsa di kancah internasional dengan prestasi dan karya-karya cemerlang.
Demikianlah pidato saya pada kali ini, terima kasih atas segala perhatiannya, semoga apa yang telah saya sampaikan bermanfaat bagi kita semua, jika dalam penyamapaian pidato tersebut ada kata-kata yang tidak berkenaan saya mohon maaf

Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar