Minggu, 03 Maret 2013

Pidato tentang Pemindahan Ibu Kota, Jakarta


 Pemindahan Ibu Kota
 
Assalamualaikum wr. wb.
Yang saya hormati Ibu Yunar selaku guru pembimbing mata pelajaran Bahasa Indonesia
Dan yang saya sayangi teman-temanku kelas 9
     Puji syukur marilah senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah swt. karena atas rahmat, karunia, dan hidayah-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato singkat tentang pemindahan ibu kota Republik Indonesia, Jakarta.
Hadirin yang berbahagia,
     Beberapa masalah kehidupan seperti kemacetan lalu lintas, bencana banjir di musim hujan, kepadatan penduduk, kriminalitas, dan masalah lainnya, sering terjadi di ibu kota negara kita tercinta, Indonesia. Masalah-masalah tersebut sudah semakin komplek. Tidak mudah untuk mengatasi masalh-masalah yang terjadi di ibu kota. Misalnya saja banjir. Akhir-akhir ini banjir besar telah melanda ibu kota. Bahkan, luapan air sudah masuk ke Istana Negara dan ironisnya hal tersebut terjadi bertepatan dengan penyambutan SBY atas kedatangan Presiden Republik Argentina, Y. M. Christina Elisabet Fernandez De Kirchner.
     Selain itu, banjir tersebut juga berdampak besar bagi warga Jakarta. Sekolah-sekolah di Jakarta yang terendam terpaksa diliburkan, jutaan pengguna jalan terjebak di jalan raya. Bahkan PT PLN Distribusi Jakarta Raya memadamkan sejumlah gardu. Ratusan gardu dipadamkan untuk wilayah Jakarta dan Tangerang. Pastinya pemadaman tersebut mengakibatkan sejumlah warga harus bertahan di rumah mereka atau di posko tanpa listrik.
Hadirin yang berbahagia,
     Di sisi lain, pemindahan ibu kota Republik Indonesia mulai lagi diperbincangkan oleh berbagai pihak pasca banjir besar mengepung Jakarta. Ada yang berpendapat pemindahan tersebut sangat diperlukan mengingat permasalahan Jakarta yang semakin meningkat. Ada juga yang berpendapat pemindahan ibu kota di Jakarta belum perlu dilakukan karena masalah-masalah tersebut masih dapat diatasi. Namun, fakta bahwa maslah-masalah di Jakarta tak kunjung reda tidak dapat kita pungkiri bukan?
     Sementara itu, Provinsi Lampung sudah menyatakan kesiapannya sebagai calon pusat pemerintahan RI. Bahkan tim kajian pemindahan ibu kota ke Lampung sudah beroperasi. Lampung dinilai lebih bak dibanding kandidat provinsi-provinsi lain seperti Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jawa Baral, dan Banten.
Hadirin yang berbahagia,
     Memang tidak bisa dipungkiri bahwa penyelesaian masalah-masalah di Jakarta itu tidak mudah. Tetapi pasti tetap ada jalan keluarnya. Semua masalah di Jakarta harus segera diatasi, entah bagaimanapun caranya. Semua pihak, mulai dari pemerintah daerah, pemerintah pusat, bahkan masyarakat, harus ikut berperan, karena masalah tersebut sudah menjadi masalah kita bersama atau merupakan masalah nasional. Untuk itu mari kita semua membangun Jakarta yang lebih baik.
     Sekian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan. Terima kasih atas perhatiannya, akhir kata
Wassalamualaikum wr. wb.

0 komentar:

Posting Komentar